Langkah Gampang Seting Mikrotik Dari Awal Sampai Akhir

Langkah Gampang Seting Mikrotik Dari Awal Sampai Akhir

Langkah Gampang Seting Mikrotik dari Awal Sampai Akhir – Buat Anda yang ingin seting mikrotik sendiri, beberapa langkah serta keterangan di bawah ini mudah-mudahan dapat menolong memudahkan prosedurnya. Yang butuh dilihat ialah jika mikrotik sudah siap dipakai, baik itu itu rumah, kantor, atau rumah. Sedang langkah gampang seting mikrotik lingkupnya sendiri masih relatif simpel, yakni dari gateway server, dhcp server, serta DNS server.

Semestinya Anda telah mengerti apakah itu Mikrotik terlebih dulu sebelum membaca serta mangikuti beberapa langkah yang diterangkan di sini. Sebab bila belum, karena itu Anda mungkin akan alami kesusahan saat mengatur Mikrotik tersebut. Supaya mempermudah panduan ini, bila telah mengerti apakah itu Mikrotik, tentu saja Anda harus memiliki Mikrotik yang bisa dibeli di toko online paling dipercaya Anda. Dalam penjelasan ini, yang akan dipakai ialah mikrotik RB750r2. Dengan Mikrotik Routerboard Sbobet, lisensinya juga automatis terpasang pada piranti. Apabila Anda memakai PC Anda untuk souter mikrotik, karena itu lisensi yang didapat ialah versus trial atau 0.

Selain itu, penjelasan ini akan memakai Winbox. Dengan begitu, komposisi juga dapat dikerjakan dengan penampilan GUI atau Graphic User Interface. Sebelum Anda lakukan komposisi mikrotik, janganlah lupa untuk bikin topologi jaringan terlebih dulu. Untuk sekarang, topologi yang dipakai masih termasuk simpel, dengan cuma 1 link keluar, atau ke jaringan internet. Ingat jika IP gateway ke internet adalah IP Public yang diberi oleh ISP.

Penataan Mikrotik

Hubungkan port 1 ke modem, selanjutnya port 2 ke PC. Selanjutnya lakukan Winbox, serta membuka tab Neighbors. Jika rb telah dideteksi Winbox, Anda langsung bisa click daftar yang telah terdeteksi. Selanjutnya, kerjakan komposisi default mikrotik dengan masukkan username admin, serta biarlah kolom password kosong. Click Connect. Masuk ke GUI mikrotik. Anda akan dapatkan interface dimana sidebar yang berada di samping kiri tampilkan daftar peranan dari mikrotik, seperti Wizard Konfig untuk quick set sampai manual untuk pemakaian mikrotik. Demikian Anda masuk ke GUI, Anda akan butuh mengubah nama interface untuk memudahkan Anda pada cari port yang mana untuk dikaitkan ke mana.

Pilih Interface serta satu jendela berisi daftar interface akan ada. Click 2x salah satunya interface supaya Anda dapat mengubah namanya. Contoh, ganti nama interface 1 jadi Ether 1 Internet untuk link ke Modem/ISP, serta interface 2 jadi Ether 2 Klien untuk hub ke klien. Langkah selanjutnya ialah memberi IP untuk ke-2 interface itu. Triknya dengan mengeklik menu IP > Addresses. Masukan IP yang Anda kehendaki. Ingat, untuk Ether 1 ialah IP Public dari ISP, serta untuk Ether 2 ialah IP ke klien.

Baca juga : Fitur Katalog Menarik di WhatsApp Business

Click tombol +, lalu masukan IP pada kolom Address tak perlu masukkan IP Network. Click Apply serta network akan munul sendiri dengan automatis. Saat Anda masukkan IP Address, imbuhkan IP sesuai dengan interface yang Anda pakai. Kemudian, Anda dapat mengendalikan DNS server, yang umumnya juga sudah diberi bertepatan dengan IP Public. Namun, bila Anda belum mempunyai IP DNS, Anda dapat pakai IP DNS Google: 8.8.8.8 atau 8.8.4.4. Bila Anda masukkan DNS yang sebetulnya serta ingin menyembunyikannya, yakinkan Anda telah memberi sinyal ceklis atau centang pada Allow Remote Request.

Selanjutnya, pilih menu IP > Routes. Di sini, masukan gateway yang telah diberi ISP. Jadi contoh, di sini akan memakai IP 10.10.1.1 untuk gateway penting. Untuk komposisi yang lain dapat dibiarkan saja, sebab komposisi itu adalah dynamic route yang berarti akan dibikin dengan automatis oleh mikrotik. Click tombol “+” untuk tampilkan jendela baru. Cek kolom Dst. Address yang IP-nya berisi 0.0.0.0/0, yang berarti semua IP di jaringan akan melalui gateway yang telah ditata. Click Apply untuk memeriksa bila IP itu dapat dicapai router ataukah tidak. Bila info yang ada ialah reachable, berarti telah terubung dengan gateway. Click OK.

Saat ini, kerjakan penataan NAT > Masquerade untuk menyamarkan IP lokal jadi IP Public. Konfigurasinya berada di IP > Firewall > Tab NAT, lalu kik tombol “+”. Pilih General, masukan srcnat di kolom Chain, serta Ether 1 Internet di Out Interface. Lalu membuka tab Action = masquerade. Pada step ini, sebetulnya Anda bisa tersambung ke internet dengan memakai PC klien, walau butuh masukkan IP dengan manual. Untuk dapat masukkan IP dengan automatis dari PC klien, kerjakan konfiguasi dhcp server melalui menu IP > DHCP. Click DHCP Setup serta turuti wizard yang mikrotik beri. Pada IP range, masukan IP yang bisa dipakai dalam range tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *